The “Creative High” is real!

Creative mind

Pikiran kreatif

Seniman dari semua media telah mengalami kebahagiaan energik dari “kemakmuran kreatif” pada satu waktu atau yang lain. Saya pasti melakukannya saat melukis dan mendesain, sebanyak yang saya lakukan saat menulis. Mungkin kita tidak membicarakannya, tapi kita tahu dia ada di sana. Itu dia adalah nyata. Ray Bradbury, menyinggung kreativitas tinggi dalam kutipan terkenalnya tentang menulis:

Anda harus tetap mabuk menulis sehingga kenyataan tidak dapat menghancurkan Anda. —Ray Bradbury, Zen dalam Seni Menulis

Dalam beberapa tahun terakhir, ahli saraf telah melakukan penelitian yang secara ilmiah membuktikan apa yang telah diketahui seniman dari semua jenis selama ini.

Biologi di balik keajaiban “Aha!”

Pusat Fisika Medis dan Teknik Biomedis Wina bekerja sama dengan Goldsmiths University London menemukan rahasia “Aha!-momen”. Ketika orang memiliki kilasan wawasan saat memecahkan teka-teki, zat peningkat suasana hati dopamin dilepaskan. Begitu pula dengan kreasi dan wawasan artistik.

Dan itu menjadi lebih baik! Pelepasan awal dopamin dari usaha kreatif menghasilkan kreativitas yang berkelanjutan. L’Amour memahami hal ini, seperti yang ditunjukkan dalam kutipan terkenalnya tentang cara menghindari blok penulis:

Mulailah menulis, apa pun yang terjadi. Air tidak mengalir sampai kran dinyalakan. Anda dapat duduk dan melihat halaman untuk waktu yang lama dan tidak akan terjadi apa-apa. Mulailah menulis dan itu akan terjadi. —Louis L’Amour

Dua langkah kreatif

Menurut sains dan penulis terkenal di dunia, cara mendapatkan dan tetap kreatif dapat diringkas dalam dua langkah:

  1. Lakukan (buat), jadilah (bahagia). Lakukan, jadilah, Lakukan.
  2. Terus, terus.

Didukung oleh ilmu pengetahuan

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang kreativitas dan kimia otak Anda:

  • Area otak penghasil dopamin menginspirasi kreativitas
  • Menggunakan Neuroscience untuk Meningkatkan Kreativitas Anda


Author: Jamie Fuller